Selasa, 25 Juni 2013

Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama)

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama)
Didirikan15 Mei 1961
JenisPerguruan Tinggi Swasta
LokasiJakarta PusatDKI Jakarta,Indonesia
KampusUrban
JulukanKampus Merah Putih
Situs webmoestopo.ac.id

SEJARAH

Sejarah berdirinya peguruan tinggi ini tidak terlepas dengan Prof. Dr. Moestopo, yang pada awalnya dimulai dengan Tonggak batu pertama Yayasan UPDM dengan dibukanya Kursus Tukang Gigi pada tahun 1952.
Pada waktu Moestopo masih berpangkat Kolonel, menjabat sebagai Kepala Bagian Bedah Rahang, Rumah Sakit Angkatan Darat (sekarang RSPAD Gatot Subroto) mengabdikan diri pada dunia pendidikan, dengan mengelola 'Kursus Kesehatan Gigi dr. Moestopo', di rumahnya sendiri di jalan Merak 8, Jakarta. Kursus ini berlangsung selama 2 jam, sejak pukul 15.00 sampai 17.00 dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan dan keterampilan tukang gigi di seluruh Indonesia yang jumlahnya hampir 2.000 orang, agar dapat memenuhi kriteria minimal Ilmu Kedokteran Gigi dalam hal hygiene, gizi, dan anatomi sederhana, sesuai dengan himbauan Menteri Kesehatan dalam Konggres PDGI II tahun 1952.
Pada tahun 1957, dibukalah sebuah kursus yang dinamakan 'Kursus Tukang Gigi Intelek'. Setelah kembali dari Amerika Serikat pada tahun 1958, beliau mendirikan 'Dental College Dr. Moestopo'. Dental college ini mendapat pengakuan resmi dari Departemen Kesehatan, bahkan mendapat penghargaan dengan kunjungan Presiden Soekarno.
Selanjutnya status dental college ditingkatkan menjadi 'Akademi Tinggi Gigi', dan pada tahun 1960 status akademi tersebut ditingkatkan menjadi 'Perguruan Tinggi Swasta Dental College dr. Moestopo' (sudah bersifat akademik).
Pada tahun 1961 Perguruan Tinggi Swasta Dental College dr. Moestopo ditingktakan menjadi Fakultas Kedokteran Gigi Prof. Dr. Moestopo, yang resmi berdiri pada tanggal 15 Pebruari 1961.
Tahun 1962 Prof. Dr. Moestopo bersama ibu R.A. Soepartin Moestopo mendirikan Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo berdasarkan akte Notaris R.Kadiman No. 62. Untuk mendirikan Yayasan tersebut, Moestopo selaku pendiri dan ketua Yayasan yang pertama, menggunakan tanah pribadi dan bangunannya di jalan Hang Lekir I no. 8, Jakarta dan sebuah mobil Opel Capitan tahun 1962 Nopol. B 311, sebagai salah satu modal pertama. Di dalam perjalanannya, Akte Notaris ini telah mengalami beberapa kali perubahan. Terakhir dengan Akte Notaris Zainal Arifin SH, No. 3/ KGS, tanggal 8 April 1996. Yayasan UPDM sebagai suatu badan sosial bertujuan melaksanakan kegiatan pengabdian kepada Pemerintah RI melalui pendidikan, kesehatan, agama, riset ilmiah, bimbingan dan penyuluhan mental.
Dalam perkembangannya, Universitas Prof.Dr.Moestopo pernah memiliki 6 fakultas, yaitu: Kedokteran Gigi, Kedokteran, Sosial Politik jurusan Administrasi Negara, Ekonomi jurusan Ekonomi Perusahaan, Pertanian dan Publisistik. Namun Fakultas Pertanian tidak dapat diselenggarakan karena tidak ada peminat. Demikian pula pada tahun 1971 Fakultas Kedokteran, karena tidak memiliki Teaching Hospital, terpaksa ditutup. Pada tahun 1980, Fakultas Publisistik berganti nama menjadi Fakultas Komunikasi.
Perkembangan selanjutnya Yayasan Universitas Prof. Dr. Moestopo mengelola 4 Fakultas dan 1 Program Pascasarjana.
Pada tanggal 29 September 1986, Prof. Dr. Moestopo wafat dan yayasan UPDM pun olej putra sulungnya, yaitu drg. J. M. Joesoef Moestopo sebagai Ketua Yayasan.
Dalam bidang sarana dan prasarana, sejak tahun 1976 berturut-turut dibangun gedung Berdikari, gedung Merah Putih, gedung Gotong Royong, gedung Harapan, dan gedung Perdamaian, lengkap dengan peralatan dan penyempurnaannya di Jl. Hang Lekir I/8, Jakarta Pusat. Terakhir dibangun Kampus Bintaro III di Jl. Bintaro Permai no 3, Jakarta Selatan, yang diberi nama 'Graha R.A. Soepartien Moestopo'.

PERKEMBANGAN

Pada tanggal 17 Desember 1974 Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) statusnya disamakan dengan Negeri oleh Mendikbud dengan SK No. 0279/U/1974. Tahun 1989 Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) menyusul statusnya disamakan. Tahun 1992 Fakultas Ilmu Ekonomi (FE) menyusul pula dengan status disamakan, dan akhirnya tahun 1993 Fakultas Ilmu Komunkasi (FIKOM) status disamakan pula. Dengan demikian keempat Fakultas di UPDM (B) sudah disamakan statusnya setingkat dengan Perguruan Tinggi Negeri.
UPDM (B) telah membuka program baru yang merupakan program studi lanjutan dari Program Sarjana Srata Satu (S1) yakni : Program Pasca Sarjana Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), yang disingkat PPS - UPDM (B), dengan Program Magister Manajemen dan Magister Ilmu Administrasi. FKG setelah Statusnya disamakan pada tahun 1974, tahun-tahun selanjutnya mengalami Sejarah & Perkembangan pesat.
Dengan Status disamakan menyebabkan animo yang meningkat dari para lulusan SLTA untuk menempuh pendidikan di FKG UPDM (B). Sehubungan dengan kenyataan tersebut, kemudian diupayakan peningkatan fasilitas belajar mengajar antara lain dengan dibangunnya klinik gigi yang baru dan dilengkapi bangunan gedung-gedung Gudang Garam, Merah Putih. Harapan untuk sarana perkuliahan di kampus Hang Lekir yang mulai digunakan sejak tahun 1977. Disamping itu, untuk menunjang pengembangan ilmu dan profesi kedokteran gigi maka dikembangkan Pendidikan Berkelanjutan Ilmu Kedokteran Gigi (FBIKG) bagi para dokter gigi untuk untuk memberikan pendidikan dan pelatihan lebih lanjut sesuai dengan kemajuan ilmu pengetahuan.
PBIKG ini sebenarnya merupakan kelanjutan dari Pendidikan Purna sarjana (Post Graduate Study) yang dirintis oleh alm. Prof. Dr. Moestopo pada tahun 1974 yang kemudian setelah berbagai Sejarah & Perkembangan selanjutnya pada tahun 1990 menjadi PBIKG dibawah FKG UPDM (B). Bagi masa mendatang untuk menunjang pengembangan FKG, saat ini telah dibangun Kampus III di Bintaro yang direncanakan digunakan untuk menampung kebutuhan kegiatan perkuliahan, praktikum, klinik gigi, dan administrasi, yang dirasakan semakin meningkat.
Sejarah dan Perkembangan selanjutnya tahun 1996 FISIP dengan Jurusan/Program Studi Ilmu Administrasi Negara membuka program studi Ilmu Administrasi Niaga dan jurusan Ilmu Hubungan Internasional dengan Program Studi Ilmu Hubungan Internasional. Tahun yang sama pula Fakultas Ekonomi dengan Jurusan Manajemen, Program Studi Manajemen Perusahaan membuka jurusan baru yaitu Jurusan Akuntansi dengan Program Studi Akuntansi.
Semua Fakultas yang ada dalam wadah UPDM (B) telah menyesuaikan kurikulum nasional yang padat dengan muatan lokal dengan kebutuhan lapangan kerja yang tepat guna dalam menghadapi globalisasi Industri, Ekonomi dan lain-lain dalam era pembangunan Indonesia. Terhitung mulai tanggal 18 Agustus 1998 dengan surat keputusan Badan Akreditasi Indonesia Nomor : 001/BAN-PT/AK-I/VIII/1998. Tanggal 11 Agustus 1998 semua Program Studi di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) telah terakreditasi, dan berdasarkan SK BAN-PT Depdiknas RI No. 023/BAN-PT/AK-I/XI/2000, dengan perincian sebagai berikut:
·         Pendidikan Dokter Gigi: Akreditasi B Nomor : 025/BAN-PT/Ak-XI/S1/X/2008, Berlaku : 17 Oktober 2008 s.d. 17 Oktober 2013
·         Ilmu Administrasi Negara: Akreditasi B Nomor : 029/BAN.PT/AK.VII/S1/VIII/2003, Berlaku : tanggal20 Agustus 2003 s.d. 20 Agustus 2008
·         Ilmu Hubungan Internasional: Akreditasi A Nomor: 021/BAN.PT/AK.IX/S1/XI/2005, Berlaku : tanggal 17 November 2005 s.d. 17 November 2010
·         Manajemen: Akresitasi A Nomor: 045/BAN-PT/Ak-VII/S.1/X/2004, tanggal 26 Oktober 2004
·         Akuntansi: Akreditasi B Nomor: 028/BAN-PT/Ak-IX/S.1/I/2006, tanggal 31 Agustus 2006
·         Ilmu Komunikasi: Akreditasi A Nomor: 012/BAN-PT/Ak-VII/S1/VII/2003. tanggal 30 Oktober 2008.

FAKULTAS

Fakultas-fakultas di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Saat ini program pendidikan yang diselenggarakan di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) adalah :
·         Fakultas Kedokteran Gigi dengan Program Studi : Pendidikan Dokter Gigi
·         Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik dengan Program Studi : Administrasi Negara dan Hubungan Internasional
·         Fakultas Ekonomi dengan Program Studi : Manajemen dan Akuntansi
·         Fakultas Ilmu Komunikasi dengan program Studi Ilmu Komunikasi yang terdiri dari Konsentrasi : Jurnalistik, Hubungan Masyarakat dan Periklanan
·         Program Pasca Sarjana dengan Program Studi : Magister Manajemen (MM), Magister Ilmu Administrasi (MIA) dan Magister Ilmu Komunikasi (MIK).

LOKASI KAMPUS

Kampus I
Kampus I beralamat di Jl. Hang Lekir I/8 Jakarta Pusat.
Telepon :  (021) 7252225, 7220269
Fakasimil : (021) 7220269

Kampus II
Kampus II di Bintaro terletak di Jl. R.C. Veteran Bintaro, khusus untuk Fakultas Ekonomi untuk kelas pagi dan kelas sore. Kampus ini dilengkapi dengan Laboratorium Komputer, Laboratorium Akuntansi, Laboratorium Matematika dan perpustakaan serta FIKOM mempunyai Laboratorium Siaran Radio dan Photografi. FIKOM mengembangkan kegiatannya melalui program studi Ilmu Komunikasi yang dikonsentrasikan dalam Bidang Keilmuan, yakni Public Relations (PR), Jurnalistik dan Periklanan dimana mahasiswa FIKOM dilatih menjadi ahli Komunikasi yang terampil sesuai konsentrasi ilmunya.
Kampus III
Kampus Bintaro III bertempat di Jl. Bintaro Permai no 3, Jakarta Selatan, dengan 'Graha R.A. Soepartien Moestopo'.

WKM yang terdapat di kampus Moestopo

1.    HMI (Himpunan Mahasiswa islam)
Merupakan perkumpulan dari mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama) yang beragama islam.
2.    Cosmic
Perkumpulan mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama) yang memiliki jiwa musik. Cosmik merupakan sebuah wadah yang disiapkan untuk ajang penyalur bakat mahasiswa dibidang seni terutama musik.
3.    Telefikom
Merupakan wadah yang disediakan untuk menampung dan membinya bakat mahasiswa didalam bidang photografer.
4.    Agrawitaka
Merupakan perkumpulan mahasiswa yang memiliki jiwa petualang (pecinta alam)
5.    Diama
Merupakan lembaga PERS mahasiswa Universitas Prof. Dr. Moestopo (beragama) yang bertugas menerbitkan newsletter, majalah dan berita-berita di media online yang berkaitan dengan kampus.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar